MANFAAT UNSUR HARA NITROGEN PADA TANAMAN

TUGAS PENGANTAR AGRONOMI

“MANFAAT UNSUR HARA

NITROGEN PADA TANAMAN”

OLEH :

AJI SANDYA SATRIYO (080321100001)

JAMILATUL HASANAH (110321100001)

AHMAD ABUL IMAM

AMILIA KARLINA

MASHUDI

(AGRIBISNIS – A)

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

2012

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1.    LATAR BELAKANG

Unsur hara adalah nutrisi atau zat makanan yang bersama-sama dengan air diserap oleh akar tanaman, kemudian dibawa ke daun. Di dalam daun, unsur hara akan bereaksi dengan karbondioksia (CO2) yang diambil oleh tanaman melalui stomata lansung dari udara (Rahardi, 2003). Unsur hara yang dibutuhkan tanaman sendiri dari unsur hara makro dan unsur hara mikro. Unsur hara makro yang dibutuhkan tumbuhan terdiri dari nitrogen, kalium, fosfor, magnesium, sulfur, kalsium dan unsur hara mikro terdiri dari boron, besi, tembaga, mangan, seng, dan molibdenum.

Kebutuhan unsur hara, selain disediakan oleh tanah juga dapat disediakan dengan penggunaan pupuk. Penggunan pupuk mampu meningkatkan kandungan unsur hara dalam tanah sehingga dapat memaksimalkan penyerapan oleh akar tanaman. Selain itu, hasil produksi yang didapatkan lebih melimpah bila dibandingkan dengan tanaman yang hanya mengandalkan unsur hara yang terdapat dalam tanah.

Nitrogen merupakan salah satu elemen unsur hara yang penting bagi pertumbuhan tanaman. Nitrogen di dalam tanaman merupakan unsur yang sangat penting untuk pembentukan protein, daun-daunan dan berbagai persenyawaan organik lainnya. Sumber utama nitrogen di dalam tanah yaitu bahan organik tanah. Selain dari bahan organik tanah, nitrogen juga diperoleh dari gas N2 di atmosfer melalui penambatan atau fiksasi nitrogen. Penambatan alami disebabkan oleh jasad-jasad renik (terutama bakteri dalam tanah dan alga di air) dan gejala atmosfer tertentu, termasuk kilat. Bentuk Nitrogen yang dapat digunakan oleh tanaman adalah ion nitrat (NO3-) dan ion amonium (NH4+). Ion-ion ini kemudian membentuk material kompleks seperti asam-asam amino dan asam-asam nukleat yang dapat langsung diserap dan digunakan oleh tanaman tingkat tinggi. Menurut Mengel dan Kirby (1987) dalam Rosmarkam dan Yuwono (2002) pada pH tanah yang rendah ion nitrat lebih cepat diserap oleh tanaman dibandingkan ion amonium, pada pH tanah yang tinggi ion Amonium diserap oleh tanaman lebih cepat dibandingkan ion nitrat dan pada pH netral kemungkinan penyerapan keduanya berlangsung seimbang.

 

1.2.RUMUSAN MASALAH

  • Apakah unsur hara nitrogen  itu?
  • Apa manfaat unsur hara nitrogen terhadap tanaman?
  • Bagaimana cara penggunaan unsur hara nitrogen yang benar?

1.3.TUJUAN

  • Untuk mengetahui lebih dalam fungsi Nitrogen
  • Untuk mengetahui manfaat yang dirasakan oleh tanaman
  • Untuk mengetahui cara penggunaan unsur hara Nitrogen yang baik dan benar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

2.1.   UNSUR HARA NITROGEN

Nitrogen adalah salah satu kandungan gas yang berada di atmosfer bumi. Zat ini berperan dalam pembentukan senyawa-senyawa penting yaitu asam amino, amoniak, asam nitrat, dan sianida. Senyawa-senyawa yang dibentuk oleh nitrogen tersebut adalah senyawa penting bagi tanaman untuk tumbuh dan bertahan hidup. Nitrogen yang terkandung dalam tanah berperan dalam pembentukan senyawa-senyawa asam yang nantinya menjadi unsur utama pertumbuhan tanaman. Senyawa asam amino yang dibentuk oleh nitrogen menjadi salah satu unsur pembentuk senyawa protein yang berguna bagi tanaman. Tanaman memerlukan senyawa-senyawa nitrat dan nitrit yang terkandung dalam tanah untuk melakukan pertumbuhan. Senyawa-senyawa tersebutlah yang dibentuk oleh nitrogen dan dibutuhkan oleh tanaman.

Kandungan nitrogen dalam tanah sangat berperan menyuplai senyawa-senyawa penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Di bumi ini, nitrogen dapat dijumpai dalam bentuk gas yang dapat ditemukan dengan jumlah banyak di atmosfer. Unsur N yang terdapat bebas di atmosfer tidak dapat diikat langsung oleh tanaman. Maka dari itu tanaman perlu sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dasar tanaman yaitu dengan penggunaan pupuk. Pupuk dengan kandungan unsur N tersebut ditanamkan kedalam tanah agar unsur nitrogen dapat diserap oleh akar tanaman. Pupuk dengan kandungan unsur N tersebut dapat berupa pupuk majemuk (Urea) maupun pupuk organik. Unsur N memiliki sifat yang mudah larut (higroskopis) dan menguap apabila bersinggungan dengan udara maupun air.

 

2.2.   MANFAAT UNSUR HARA NITROGEN

Unsur hara nitrogen merupakan unsur utama untuk menyusun semua protein dan asam nukleat yang dibutuhkan tanaman untuk bertahan hidup. Unsur hara N (Nitrogen) umumnya sangat berperan dalam pertumbuhan pada fase vegetatif. Pada fase vegetatif, tanaman mengalami awal pertumbuhan pada bagian-bagian tanaman seperti akar, batang, dan daun.

Manfaat unsur hara N bagi tanaman yaitu membantu pertumbuhan tanaman pada masa vegetatif. Unsur hara N berperan dalam membentuk senyawa protein yang dibutuhkan tanaman dalam pertumbuhan vegetatif. Senyawa protein tersebut digunakan dalam pembentukan daun, batang, dan akar untuk mengalami pertambahan panjang dan lebar. unsur N pada tanaman berperan dalam pembentukan klorofil, asam amino, lemak, enzim dan persenyawaan lain. Unsur hara N yang cukup dalam tanah dapat menunjang kesehatan tanaman. Tanaman yang tercukupi unsur N dapat dilihat dari warna daunnya yang lebih hijau, serta batang yang lebih sehat.

Unsur hara N yang terkandung dalam tanah berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Pada umumnya produktifitas pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh unsur hara yang terkandung dalam tanah yang salah satunya adalah unsur N. Manfaat dan fungsi unsur hara Nitrogen sangat penting bagi tanaman. Berikut merupakan fungsi nitrogen bagi tanaman :

  1. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman
  2. Dapat menyehatkan pertumbuhan daun, daun tanaman lebar dengan warna yang lebih hijau, kekurangan N menyebabkan khlorosis (pada daun muda berwarna kuning)
  3. Meningkatkan kadar protein dalam tubuh tanaman
  4. Meningkatkan kualitas tanaman penghasil daun-daunan
  5. Meningkatkan berkembangbiaknya mikro-organisme di dalam tanah.

 

2.3.   PENGGUNAAN UNSUR HARA NITROGEN

Pupuk  Urea merupakan salah satu pupuk buatan dengan kandungan unsur hara N yang tinggi. Pupuk urea merupakan jenis pupuk tunggal yang hanya memiliki satu unsur hara yaitu unsur N. Penggunaan pupuk urea pada tanaman sebaiknya dengan dosis yang tepat dan efisien. Pemupukan tanah menggunakan pupuk urea sebaiknya tidak dengan disebar, hal ini dikarenakan sifat unsur N yang mudah larut sehingga pupuk akan cepat menguap dan habis sebelum dapat diserap oleh tanaman. Penggunaan unsur N dan unsur utama lain seperti P, dan K dapat memacu pertumbuhan optimal pada tanaman sehingga hasil panennya sesuai.

Pemupukan secara seimbang pada tanah menjadikan tanaman medapatkan nutrisi yang cukup. Dengan nutrisi yang cukup tersebut, tanaman dapat berproduksi secara optimal. Penggunaan pupuk yang tepat guna juga menjadikan kondisi tanah yang sehat secara berkelanjutan. Selain itu, penggunaan pupuk yang sesuai dapat meningkatkan produktifitas tanah dalam mencukupi dan menunjang pertumbuhan tanaman.

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

 

3.1. KESIMPULAN

  1. Unsur hara Nitrogen (N) merupakan unsur utama yang dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman serta syarat mutlak tanaman dapat tumbuh.
  2. Unsur Nitrogen dalam tanah bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif yaitu awal pertumbuhan tanaman untuk embentuk bagian-bagian tanaman seperti akar, daun, dan batang.
  3. Penggunaan pupuk dengan kandungan unsur hara N pada tanaman dalam dosis yang cukup dapat membantu tanaman untuk tumbuh optimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.edukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/view&id=79&uniq=352
www.nasih.staff.ugm.ac.id/pnt3404/4%209417.docblora.org/forum/blog.php

 

Rosmarkam, A. dan N.W. Yuwono. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. hlm 42-80..

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: